Pantangan Makanan Bagi Penderita Darah Tinggi

hiper

Makanan berlemak: penderita penyakit darah tinggi atau hipertensi dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan yang mengandung lemak yang tinggi. Hal ini dapat berbahaya karena makanan berlemak dapat mengakibatkan darah menjadi lengket dengan dinding pembuluh darah, sehingga darah akan menjadi lebih mudah untuk menggumpal.

Makanan yang mengandung lemak jahat, Seperti : mentega, keju, minyak sayur, ayam goreng, kentang goreng, hot dog, sosis, hamburger, pizza, susu, dll. Hampir semua makanan siap saji mengandung lemak jenuh yang menyebabkan tekanan darah tinggi mengalami peningkatan dan menyebabkan penykait jantung.

Karbohidrat Sederhana, Karbohidrat sederhana juga dapat menyebabkan meningkatnya kadar gula dan insulin dalam darah secara drastis, secara otomatis hal itu akan menyebabkan meningkatnya tekanan darah penderita hipertensi. Karbohidrat sederhana terdapat dalam makanan : roti putih, nasi, kentang,dan gula-gula. Biasanya makanan kaya akan gula ini memang sangat manis dan nikmat, sehingga sulit untuk ditinggalkan. Seperti kue, sereal, soda, permen, es krim, kecap, saus, dan lain-lain.

Protein Tinggi Lemak, ini harus diwaspadai karena protein tersebut tinggi lemak jenuh, bahan makanan yang memiliki kandungan tersebut adalah : daging merah, sea food ( selain ikan ), makanan tinggi lemak, daging ayam berkulit, daging babi, serta kuning telur.

Kadar Garam yang tinggi, total asupan sodium dala tubuh harus dibatasi, maksimal 2.400 mg per hari atau setara dengan satu sendok teh. Makanan olahan biasanya berkadar yodium tinggi, hindarilah sayuran-sayuran kering, snack atau camilan terutama keripik dan kue asin, kecap dan bumbu salad serta yang sejenisnya.
Hindari Alkohol, Alkohol dapat meningkatkan tekanan darah seseorang dan juga bisa merusak dinding pembuluh darah. Dalam tahap kecanduan, kemungkinan besar akana terjadi komplikasi serius lainnya.

Kurangi Minum Kopi, Kafein yang terkandung dalam Kopi bila dikonsumsi secara wajar akan memberikan manfaat bagi tubuh, yaitu dapat menstabilkan tekanan darah tinggi. Akan tetapi, jika kopi dikonsumsi secara berlebihan, maka ini akan memperparah keadaan dan meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.
Kolesterol, tubuh kita mengandung 2 jenis kolesterol. Low Density Lipoprotein (LDL) dan High Density Lipoprotein (HDL), LDL disebut juga dengan kolesterol jahat, dapat menyumbat pembuluh arteri, sedangkan HDL dapat mencegah terjadinya penyumbatan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s